Sedang memuat 5 Penyebab Air Radiator Cepat Habis ...

5 Penyebab Air Radiator Cepat Habis

5 Penyebab Air Radiator Cepat HabisPada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan kepada anda mengenai permasalahan salah satu komponen kendaraan yakni radiator. Permasalahan yang kerap terjadi pada komponen radiator ini ialah seringnya air radiator cepat berkurang atau sering habis, mengapa hal demikian bisa terjadi? Kami akan membeberkan secara rinci penyebab yang mengakibatkan air coolant (air radiator) pada mobil cepat kering bahkan habis. Langkah pertama yang mudah dilakukan dalam pengecekan radiator ini adalah pada bagian tutup radiatornya, karena sering di temui tutup radiator ini mengalami lemah, yang bisa disebabkan oleh kerusakan pada seal atau karet yang terdapat pada tutup radiator itu sendiri sehingga air coolant pun tanpa kita sadari akan terus – terusan keluar lewat tutup radiator tersebut dan dampaknya air radiator pun akan cepat terkuras habis.

5-penyebab-air-radiator-cepat-habis

Apabila kendaraan mobil anda mengalami hal semacam ini tentu saja akan berdampak terhadap mesin mobil anda yang akan cepat mengalami panas, dengan adanya radiator ini suhu mesin pun bisa selalu stabil. Untuk mengetahui kerusakan pada tutup radiator tersebut anda dapat melihatnya pada tutup radiator apabila menemui tetesan air yang berasal dari saluran pendingin mesin atau selang radiator, air yang menetes biasanya akan dikit demi sedikit keluar pada saat mesin mobil dinyalakan, jika terjadi hal demikian sudah dipastikan radiator mobil anda mengalami kebocoran. Dan penyebab yang lainnya biasanya dikarenakan putaran kipas yang melemah, karena terjadi kerusakan pada cooling fan maupun motor listriknya. Berikut adalah penyebab putaran kipas radiator melemah sehingga berakibat air coolant atau air radiator cepat habis :

Penyebab Kipas Radiator Melemah :

  1. Biasanya disebabkan oleh komponen komutator sudah aus (terkikis), atau bisa juga karbon brush telah habis.
  2. Gulungan kawat email pada motor akan kelihatan hangus sehingga harus diganti.
  3. Magnet cooling fan yang ada di motor dalam keadaan lepas atau bergeser.
  4. Apabila komponen kipas radiator memakai relay tambahan mungkin saja pada relay tersebut memiliki sambungan yang kurang baik, atau bisa juga karena memakai kabel yang berukuran kecil sehingga akan beresiko panas.
  5. Jika kipas radiator pada mobil yang anda miliki memakai visko pan seperti halnya Isuzu Pick Up, biasanya cairan pada kopling kipas terbuang keluar tanpa kita sadari, atau bisa saja visco fan_nya yang telah rusak.

Itulah salah satu penyebab air radiator cepat habis yang disebabkan oleh kipas radiator yang sudah melemah. Namun ada penyebab lain yang menyebabkan air coolant cepat habis yakni karena adanya kebocoran pada kompresi mesin, hal demikian disebabkan pada saat tutup air radiator dibuka mobil dalam keadaan menyala, sehingga akan ada gelembung air yang tidak berhenti, ketika mesin di gas air coolant pun menyembur keluar. Bisa juga terjadi kebocoran dari kop mesin, namun tidak akan terlihat secara fisik, untuk mengetahuinya anda bisa melihatnya pada busi terlihat basah maupun kendaraan yang sering berebet.

Mungkin itu saja yang dapat kami jelaskan mengenai penyebab air coolant atau air radiator cepat habis, semoga informasi yang kami berikan ini bisa memberi pengalaman untuk anda semua dalam hal otomotif. Terima kasih

Arikel Paling Ramai:

5 Penyebab Air Radiator Cepat Habis | didi | 4.5
/* */